Sekolah Anggota Rayon (SANGAR) Salah Satu Proses Kaderisasi diRayon TI


Sahabat/I pasti betanya-tanya apa itu SANGAR ? mungkin yang pertama kali tersirat dibenak sahabat/I SANGAR dalam bahasa jawa yang artinya keren. Tapi bukan itu yang dimaksud dengan SANGAR, bahkan ini mungkin lebih SANGAR dari makna katanya. Yang dimaksud SANGAR itu Sekolah Anggota Rayon, Pertama kali digagas oleh sahabat moh. fahrulloh yang kala itu menjabat sebagai ketua rayon ti.

Hasil pengamatan pribadi Sahabat moh. fahrulloh akan kondisi dan kebutuhan dirayon ti yang saat itu dirasa anggota baru kurang dalam pemahaman ke-PMIIan dan materi kaderisasi formal yang kesannya moratmarit. Akhirnya muncul sebuah gagasan yang bertujuan untuk fokus membekali anggota baru dengan nilai-nilai ke-PMIIannya. Tidak dapatnya pembekalan tentang paradigma PMII di proses kaderisasi formal seperti MAPABA melainkan baru didapat di PKD. Hal itulah yang mendorong sahabat fahrul dan seluruh pengurus rayon ti untuk menggadakan SANGAR untuk pertama kalinya. Gagasan dan konsep acara yang sudah matang dari sahabat fahrul dan seluruh pengurus rayon ti seakan sia-sia ketika belum menemukan nama acara yang cocok untuk acara ini. Ditengah kebingungan untuk nama acara ini, tanpa disengaja sahabat moh. fahrulloh bertemu dengan sahabat nirianto dan sahabat moh. yunus diwarung kopi yang sering disebut warning. Akhirnya ke dua orang ini mengusulkan untuk memakai nama Sekolah Anggota Rayon atau yang sering disebut dengan SANGAR.

SANGAR selain memberikan pemahaman lebih tentang ke-PMIIan anggota baru pasca MAPABA, juga bisa mempererat ikatan emosional antara anggota baru dilingkungan PMII komisariat merdeka. Karna SANGAR sendiri juga mengundang sahabat/I anggota baru yang berada dilingkungan komisariat merdeka, untuk bersama-sama memahami nilai-nilai PMII baik yang sudah diberikan pasca MAPABA maupun yang belum diberikan.

SANGAR sendiri juga bisa dibilang sudah menjadi sebuah budaya atau ciri khas tersendiri dirayon ti akan tetapi tetap memperhatikan kondisi dan kebutuhan rayon ti itu sendiri. Konsep kegiatan SANGAR ini juga harus jelas biyar out putnya pun jelas. Tahun ini pun berencana akan mengadakan SANGAR II, melihat evaluasi pengurus mengenai kondisi dimulainya libur semester dan kebutuhan pembekalan anggota baru untuk PKD. SANGAR II bukan hanya mengikuti tradisi yang ada dirayon ti, melainkan memiliki tujuan untuk menyegarkan dan membekali kembali mengenai nilai-nilai PMII pasca liburan. Berkaca dari SANGAR sebelumnya, banyak kekurangan didalamnya seperti konsep yang kurang matang menjadikan pelaksanaan moratmarit dan out putnya tidak sesuai dengan harapannya akan dicoba diperbaiki diSANGAR II yang Insya Allah akan diselenggarakan pada tanggal 17 Februari 2012. Jadi sahabat/I mohon doa restunya untuk terselenggaranya SANGAR II ini agar nantinya semua berjalan lancar dan sukses. Amien.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s